Cerita Tentang 'Hair Dryer'




Hair dryer, benda penting yang selalu ada sebagai perkakas untuk mendandan dan menata rambut. Tetapi, penggunaan hair dryer selain di salon  lebih banyak digunakan sebagai alat pengering rambut. Boleh menjimatkant waktu. Ya, begitulah alasan para wanita saat memilih menggunakan hair dryer dibandingkan mengeringkan rambut secara alami atau menggunakan kipas.
Namun ada juga segelintir wanita kurang suka menggunakan hair dryer. Alasan hair dryer dapat merosak rambut sering mereka ungkapkan. Sebenarnya, penggunaan hair dryer yang benar tidak akan merosak rambut. Sayangnya, ramai wanita yang menggunakan hair dryer sering melakukan kesalahan-kesalahan.

Berikut kesalahan yang harus anda hindari saat menggunakan hair dryer :

1. Jarak terlalu dekat dengan kepala
Ingin rambut segera kering dengan mendekatkan jarak hair dryer pada kepala bukan idea yang bagus. Hal inilah yang membuat rambut anda kering dan rapuh. Jarak terbaik untuk pemakaian hair dryer adalah 20 hingga 30 cm dari rambut dan kulit kepala. Semakin jauh jaraknya, waktu untuk mengeringkan rambut memang lebih lama, tetapi rambut anda akan lebih bahagia.

2. Tidak menggerakkan hair dryer
Tolong bezakan antara menggerakkan dan menggoyangkan. Seringkali para wanita selalu bertumpu pada satu titik yang dirasa nyaman saat memakai hair dryer dan enggan menggerakkan benda itu agar semua bahagian rambut terkena angin hangat. Menggoyang hair dryer hanya di satu bagian akan membuat rambut pada bagian itu lebih kering dibandingkan daerah lain.Jangan malas menggerakkan hair dryer.

3. Membalik kepala
Bila anda sering membalikkan kepala saat memakai hair dryer agar rambut di bagian dalam segera kering. Cara ini salah! Yang benar adalah, menyisir rambut yang baru dicuci dengan sisir garpu lalu bagi dan sepit rambut menjadi beberapa bahagian (seperti yang selalu dilakukan salon profesional). Membalikkan kepala hanya akan membuat rambut pening dan pusing...hehe

4. Berdiri saat mengeringkan rambut
Memang tidak ada larangan untuk berdiri saat menggunakan hair dryer, tetapi hasil yang lebih baik akan lebih terasa saat anda duduk dan menggerakkan hair dryer di atas rambut. Dengan duduk saat menggunakan hair dryer, anda akan lebih nyaman, fokus dan tidak berjalan ke sana kemari. Selain itu, anda tidak akan lelah dan dapat menggunakan tenaga itu untuk menggerakkan hair dryer seperti pada point 2.

5. Memegang sikat di tangan yang salah
Sepertinya semua wanita (bahkan profesional)pernah melakukan kesalahan ini, memegang hair dryer di tangan dominan (tangan terkuat) dan memegang sisir/brush di tangan yang lemah. Dapat dimaklumi karena hair dryer cukup berat. Menurut Eva Scrivo, seorang ahli kecantikan dari New York Ciry, cara ini terbalik. Dengan brush di tangan dominan, maka tangan Anda lebih memegang kendali untuk membentuk tata rambut. Silakan berlatih untuk menukar tempat hair dryer dan sisir/brush.

6. Tidak menyapu serum
Mengoles vitamin atau menyapu anti frizz serum pada rambut (terutama bagian ujung rambut) saat menggunakan hair dryer sangat penting tetapi sering diabaikan para wanita. Pemakaian serum dapat melindungi rambut dari terpaan panas hair dryer, apalagi jika anda sering menggunakan benda ini. Selain itu, penggunaan anti frizz akan membuat proses penataan rambut lebih cepat serta menjaga bentuk rambut dan tidakmudah bercabang dihujungnya

7. Selalu panik
Entah mengapa wanita sering kali panik saat memakai hair dryer, padahal mereka tidak sedang terburu-buru. Hal ini bisa membuat anda kehilangan fokus dan membuat angin hangat hair dryer berjalan ke arah yang tidak seharusnya, bahkan mengenai wajah anda. Kepanikan ini juga bisa membuat rambut anda kusut karena gerakan tak teratur. Tenangkan diri anda saat memakai hair dryer. Lebih baik lambat asal tata rambut rapi daripada panik lalu menghasilkan ‘sarang burung’.

8. Selesai sebelum kering
Sering mendapati rambut sudah terasa kering tetapi sebenarnya masih basah? Inilah kesalahan lain yang sering dilakukan, membiarkan rambut tidak 100% kering. Kadang, rambut terasa sudah kering padahal belum. Untuk memastikan apakah rambut anda telah kering. Matikan hair dryer dan tunggu 1-2 minit hingga suhu rambut mendapat suhu ruangan. Jika rambut masih terasa lembab, Anda harus menyalakan hair dryer kembali.

2 comments:

  1. ooo baru tahu...petua no 1 dan 3 tu saya selalu buat..haha

    ReplyDelete
  2. @Aisy Nasiha sy wat sume kecuali yg no 4 sbb sy mmg slu duduk!...hehehe

    ReplyDelete

Dah Baca Jangan Lupa Komen Tau....Terima Kasih Yew...~Izzan~